ASBAB-WURUD-AL – HADITS PDF

This Page is automatically generated based on what Facebook users are interested in, and not affiliated with or endorsed by anyone associated with the topic. Al-Sayuthi, Asbab Wurud Al-Hadits, Proses Lahirnya Sebuah Hadis, terjemahan oleh Taufiqullah dan Afif Moham- mad, (Bandung: Penerbit Pustaka, ). Sabab Wurud al-Hadith, Dhowabit wa ma’ayir, Mohd. Asri Zainul Abidin. ISBN

Author: Voodoozuru Vilabar
Country: Bahrain
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 5 February 2011
Pages: 250
PDF File Size: 20.22 Mb
ePub File Size: 2.6 Mb
ISBN: 587-4-84278-861-4
Downloads: 11224
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Vizuru

Beliau mendefinisikan asbabul wurud sebagai berikut: Kemudian Nabi SAW bertemu lagi dengan rombongan yang membawa jenazah lain. Hal yang sama terjadi pada generasi tabiin, dimana mereka hidup tak jauh dari zaman nabi, disamping itu masih banyak warisan sejarah yang hidup maupun warisan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi yang telah diciptakan oleh nabi dan sahabatnya.

Hal inilah yang dinyatakan oleh al-Wahidi dan Ibnu Daqiq yang ditegaskan oleh Ibnu Taimiyah bahwa mengetahui kebenaran dan dengan benar sebab akan melahirkan pemahaman yang benar terhadap akibat. Contoh adalah Hadis yang berbunyi: Dalam suatu matan hadits nabi yang cukup panjang dikemukakan antara lain bahwa menyalurkan hasrat seksual kepada wanita yang halal hacits sedekah. Sunnah merupakan kata yang mutlaq baik yang mempunyai dasar pijakan agama atau tidak.

Ibn al-Wazir, Muhammad ibn Ibrahim d. Mendengar pujian tersebut, maka Nabi berkata: Kalam Mulia Imam As-Suyuthi, Havits Simbolik Sebagaimana halnya dalam Al Quran, dalam hadits Nabi juga dikenal adanya ungkapan yang berbentuk simbolik. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.

ASBAB AL-WURUD: ANTARA TEKS DAN KONTEKS

Bila suatu hadits tidak sesuai dengan kondisi sekarang atau tuntutan zaman, maka kita harus lebih dulu memahami betul arti teks ini tentunya dalam hadits-hadits yang kadar tingkatannya sampai pada shahihkemudian menganalogikannya dengan memakai pendekatan histories, sosiologis dan antropologis. Ilmu ini berfungsi sebagai alat analisa untuk menentukan umum-khususnya suatu hadis, muthlaq atau muqayyad, nasikh atau mansukh, dan lain sebagainya.

  BHAGAVAD GITA SARAM PDF

Bahasa termasuk kategori historis dan kesadaran kebahasaan akan dengan sendirinya menyangkut kesadaran historis. Mustalah al-Hadithi min Khilal: Untuk katagori pertama, mengetahui asbabul wurud mutlak diperlukan, agar terhindar dari kesalah pahaman misunderstanding dalam menangkap maksud suatu Hadis.

Sedangkan untuk Hadis-Hadis yang tidak mempunyai asbabul wurud khusus, sebagai alternatifnya kita dapat menggunakan pendekatan historis, sosiologis, antropologis atau bahkan pendekatan psikologis sebagai pisau analisis dalam memahami Hadis. Dengan demikian, pernyataan hadits itu merupakan ungkapan simbolik. Jami’ al-Imam al-Tirmidhi 1 vol. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work e.

Said Agil Husin Munawwar Tahawi, Ahmad ibn Muhammad d. Sharh Mukhtasir Tahawi 8 Vol. Sahih Muslim 1 vol. Pada waktu itu, nabi kebetulan datang dan tahu bahwa mereka suka melakukan shalat sunnat tersebut sambil duduk. Azhari, al-Marbawi Islam – Hadith. Umar Sulayman Islam – Hadith. Language Bahasa Indonesia English.

Urgensi Asbabul Wurud dan Cara Mengetahuinya Asbabul wurud mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka memahami suatu hadis. Mendengar pernyataan nabi tersebut, akhirnya para sahabat yang tidak sakit memilih shalat sunnat sambil berdiri. Melihat fenomena itu, Nabi SAW wajahnya menjadi merah, karena merasa empati, iba dan kasihan.

EPISTEMOLOGI ILMU ASBAB AL-WURUD HADIS | Lestari | Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis

Sebagian Hadis mempunyai asbabul wurud khusus, tegas dan jelas, namun sebagian yang lain tidak. Artinya dapat berarti shalat fardhu dan sunnat. Ia dapat berupa peristiwa atau pertanyaan yang terjadi pada saat hadis itu di sampaikan nabi SAW. Moses Shaheen Islam – Hadith. Dalam ungkapan itu terlihat adanya hubungan zsbab-wurud-al sangat logis. Abi Dawud al-Sijistani d. Sebab yang berupa Hadis.

  LOS ORISHAS EN CUBA NATALIA BOLIVAR PDF

Sunan Abu Dawud 1v. Adapun cara mengetahui asbabul wurudnya sebuah hadis adalah dengan melihat aspek riwayat atau sejarah yang berkaitan dengan peristiwa wurudnya hadis, sebab- sebab wurudnya hadis, ada yang sudah tercantum pada matan hadis itu sendiri, ada yang tercantum pada matan hadis lain. Mendengar pernyataan itu, maka Nabi berkata: Pemahaman dan penerapan hadits secara tekstual dilakukan bila hadits yang bersangkutan, setelah dihubungkan dengan segi-segi yang berkaitan dengannya, misalnya latar belakang terjadinya, tetap menuntut hsdits sesuai dengan apa yang tertulis dalam teks hadits yang bersangkutan.

Kemudian Nabi SAW, bersabda lagi: Ibn al-Arabi, Abu Bakr d. Dia juga menekankan pentingnya membedakan fungsi dan status sebuah hadis Nabi dalam kaitannya dengan latar hadite hadirnya hadis tersebut.

Hadis, Asbab al-Wurud, Teks, Konteks. Albani, Muhammad Islam – Hadith Studies.

Asbabul warud al-hadis merupakan konteks historisitas yang melatar belakangi munculnya suatu hadis. In the comprehensive problem of prophetic hadits, asbab-wurud-a urgency of Sirah Nabawiyah shown in its position as a partner for the prophetic hadits in providing complete data about the Prophet Muhammad SAW.

Memahami suatu Hadis, tidak cukup hanya melihat teks Hadisnya saja, khususnya ketika Hadis itu mempunyai asbabul wurud, melainkan kita harus melihat konteksnya.

Adapun contoh mengenai asbabul wurud yang berfungsi untuk membatasi pengertian yang mutlak adalah hadis yang berbunyi: User Username Password Remember me.